Berita Harian Tentang Air Bersih Berita Air Bersih 6 Hal Sepele yang Dapat Digunakan untuk Atasi Masalah Minimnya Ketersediaan Air Bersih

6 Hal Sepele yang Dapat Digunakan untuk Atasi Masalah Minimnya Ketersediaan Air Bersih



Mengambil lingkup lebih kecil, yaitu di Indonesia saja, masalah penyediaan air bersih adalah sesuatu yang tidak kalah krusial dari permasalahan lain yang muncul lainnya. Hal itu dikarenakan memang air bersih merupakan salah satu elemen alam yang cukup vital dan dibutuhkan setiap manusia. Pasalnya, setiap manusia tidak dapat hidup tanpa air.

Sayangnya, ketika zaman terus maju dan penduduk di Indonesia semakin bertambah pesat, persediaan air bersih berbanding terbalik dengan kebutuhannya sendiri untuk sehari-hari. Banyak masyarakat, khususnya di perkotaan yang harus membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut, seperti faktor tercemarnya air sungai dan air tanah karena limbah pabrik atau juga sampah, masalah sanitasi yang buruk sampai dengan pemanasan global. Namun, sebenarnya ada cara-cara efektif yang dapat dilakukan dengan segera agar dapat menanggulangi masalah keterbatasan air bersih tersebut.

Lihat juga : 6 FAKTOR PENYEBAB SERING TERJADINYA KEKERINGAN DI INDONESIA

Berikut cara-cara yang bisa mengatasi masalah keterbatasan air bersih

Reboisasi

Memang terkesan sepele, namun siapa sangka reboisasi atau penanaman pohon kembali adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah keterbatasan air bersih. Hal itu dikarenakan ketika pohon-pohon sudah tumbuh besar, maka tanaman tersebut akan berfungsi sebagai penghambat sekaligus penyaring air hujan agar tidak terbuang percuma dan langsung terserap ke dalam tanah.

Daur ulang

Untuk dapat atasi masalah air bersih ini, maka cara lainnya adalah dengan melakukan daur ulang sampah menjadi sesuatu lain yang lebih berharga daripada langsung dibuang ketika sudah tidak diperlukan lagi. Dengan mendaur ulang sampah-sampah tersebut, maka air tanah juga akan terjaga kualitasnya.

Membuang sampah di tempat semestinya

Jika konsep daur ulang lebih difungsikan untuk mengubah sampah yang berukuran besar menjadi sesuatu yang lain, maka cara selanjutnya dalam mengatasi masalah kurangnya ketersediaan air bersih adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tanpa membuang sampah sembarangan.

Dipercaya atau tidak, dengan membuang sampah sembarangan, terutama di daerah yang menjadi sumber air, seperti sungai, maka akan menimbulkan berbagai macam masalah yang salah satunya adalah menjadi sarang penyakit.

Hemat air

Satu hal yang kerap dilakukan kebanyakan orang ketika memiliki pasokan air cukup berlimpah adalah dengan mensia-siakannya, seperti contohnya membiarkan air terus menetes dari keran yang mana akan terbuang percuma sampai dengan boros air ketika mencuci kendaraan.

Sebenarnya, tanpa harus membuang-buang air dengan percuma tersebut, semua orang bisa melakukannya, hanya saja dikarenakan masih menumpuknya pasokan air tersebut, maka merasa tidak ada yang patut dipermasalahkan dengan aktivitas yang dilakukan, padahal hal itu salah besar.

Tidak cemari sungai atau tanah

Selain dapat membuang sampah ke tempat yang semestinya dan juga mendaur ulang barang-barang yang sudah dipergunakan lagi menjadi bentuk lain daripada langsung membuangnya, salah satu cara lain untuk atasi masalah di atas adalah peka lingkungan dengan tidak mencemari tanah atau sungai dengan berbagai bahan kimia.

Banyak orang yang beranggapan tidak masalah jika harus membuang oli bekas atau bahan kimia lain ke tanah terlebih ke sungai karena tidak merugikan manusia lainnya. Akan tetapi justru pemikiran tersebut sangat salah kaprah karena dengan membuang zat-zat kimia itu ke tanah atau sungai, secara otomatis akan mencemari kandungan dan kualitas air tanah.

Melakukan penyuluhan

Memang sudah ada banyak orang yang mengetahui dan memahami betapa pentingnya kebersihan dan juga ketersediaan air bersih, namun tidak sedikit pula yang masih awam dengan hal-hal tersebut. Oleh karenanya, dibutuhkan aksi nyata berupa penyuluhan di daerah-daerah pelosok atau gang-gang sempit di daerah perkotaan untuk dapat memberikan pelajaran, contoh dan sekaligus mengajak semua pihak agar dapat menjaga kebersihan dan ketersediaan air.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *