Berita Harian Tentang Air Bersih Berita Air Bersih 6 Kegunaan Air Bersih untuk Manusia

6 Kegunaan Air Bersih untuk Manusia



Secara umum, manusia adalah makhluk hidup yang mana 70 persen di dalam tubuhnya adalah berisikan zat cair. Oleh karenanya, kebutuhan manusia akan air bersih untuk dapat diminum juga sangat besar dalam setiap harinya. Nah, berikut ini adalah manfaat air bersih untuk kehidupan manusia dalam berbagai hal.

Berikut 6 kegunaan air bersih untuk manusia

Sebagai air minum

Seperti yang disebutkan di paragraf awal, manusia adalah makhluk yang di dalam tubuhnya memiliki kandungan zat cair dalam jumlah besar. Untuk tetap menjaganya seimbang, maka dalam setiap hari manusia membutuhkan konsumsi air minum yang bersih dalam jumlah tertentu.

Menurut kedokteran, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi air minum sampai 8 gelas setiap harinya. Jumlah tersebut adalah jumlah standar yang dapat disesuaikan sendiri oleh pribadi masing-masing.

Jika seseorang kurang mendapatkan asupan air, maka tubuh akan merasa lemas, pusing, begah, susah buang air besar dan kecil, serta sistem pencernaan menjadi tidak lancar. Selain itu, akan lebih parah lagi jika seseorang jarang mengonsumsi air adalah ginjalnya akan bekerja ekstra keras dibanding pada umumnya.

Sebagai sarana detoksifikasi

Masih untuk tubuh, rajin mengonsumsi air bersih untuk diminum juga bermanfaat sebagai sarana detoksifikasi atau pembersihan racun-racun di dalam tubuh. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengonsumsi air putih satu gelas di pagi hari atau ketiga baru saja bangun saat perut kosong.

Dengan sering melakukan hal tersebut, maka tubuh menjadi lebih segar, tidak mudah lelah dan juga kulit akan terlihat lebih cerah. Hal tersebut dikarenakan air bersih yang dikonsumsi langsung membersihkan sisa-sisa endapan dan semua racun yang tersisa di dalam tubuh ketika proses hibernasi atau tidur dimulai saat malam harinya dan kemudian mengeluarkannya melalui keringat atau air seni.

Sebagai sarana mendapatkan tambahan energi

Dipercaya atau tidak, air bersih terutama yang berasal dari alam bebas memiliki kandungan mineral yang sangat bagus dan tinggi untuk kesehatan. Oleh karenanya, banyak perusahaan-perusahaan pemroduksi air mineral mengatakan bahwa air yang mereka peroleh berasal dari pegunungan atau daerah yang benar-benar masih terjaga kemurniannya. Dengan meminum air bersih yang diambilkan dari pegunungan tersebut, maka dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat, layaknya mendapatkan tambahan energi baru.

Sebagai sarana pembersih

Selain untuk dikonsumsi ke dalam tubuh, penggunaan air bersih juga diperlukan manusia sebagai sarana untuk membersihkan sesuatu, seperti membersihkan tubuh atau mandi, membersihkan bahan makanan sebelum dimasak sampai dengan membersihkan baju.

Dengan menggunakan air bersih sebagai sarana pembersihan tersebut, maka kamu secara tidak langsung menghindarkan diri dari ancaman dan serangan penyakit atau bakteri yang menempel pada suatu benda atau di tubuh yang kotor karena terpapar debu dan polusi saat beraktivitas di luar ruangan.

Sebagai sarana pengairan

Memang ada kalanya para petani menggunakan air seadanya yang berada di dekat sawah atau ladangnya untuk dapat dipakai menyirami tanaman mereka. Namun sebenarnya, cara yang tepat adalah dengan menggunakan air bersih atau setidaknya yang tidak terpapar oleh limbah atau juga keruh dan kotor karena sampah. Pasalnya, jika tanaman disirami dengan menggunakan air bersih, maka kualitas buah atau hasil dari tanaman tersebut juga akan lebih bagus dibandingkan dengan tanaman yang disirami dengan sembarang air.

Sebagai sumber bisnis menguntungkan

Di daerah perkotaan di Indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan air bersih sangat tinggi karena memang ketersediaannya juga minim. Oleh karena itu, air bersih ini dapat berguna sebagai sumber usaha yang menguntungkan, seperti sumber utama penjualan air bersih literan sampai dengan penjualan air minum isi ulang.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *