Berita Harian Tentang Air Bersih Berita Air Bersih Air Bersih Sulit Didapatkan, Warga Karimun Jawa Ambil Air Pegunungan

Air Bersih Sulit Didapatkan, Warga Karimun Jawa Ambil Air Pegunungan



Para warga yang berada di kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara kini tengah mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Para warga terpaksa harus mendapatkan air dengan cara mengambil air di wilayah pegunungan pegunungan yang memiliki sumber air.

Salah satu warga Karimun Jawa mengatakan bahwa musim kemarau yang melanda beberapa waktu lalu memberikan dampak yang besar terhadap pasokan air yang diberikan oleh PDAM. Biasanya warga hanya mengandalkan aliran PIPA yang diberikan oleh PD M untuk kebutuhan konsumsi sehari hari. Namun karena masalah kemarau, sudah sekitar satu minggu terakhir warga di Karimunjawa mengalami kesulitan mendapatkan air karena air dari PDAM tidak mengalir.

Kondisi ini memang biasa terjadi pada musim kemarau. Namun pada warga mengakui tidak ada penanganan penanganan secara khusus yang dilakukan oleh pemerintah terkait minimnya pasokan air bersih pada tiap musim kemarau yang melanda wilayah Karimun Jawa. Hingga saat ini, tidak ada solusi yang diberikan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut.

Maka dari itu, guna mendapatkan air bersih para warga akan mencari sumber air yang ada di wilayah pegunungan. Pada warga biasanya antri pada sumber air pegunungan tersebut untuk memperoleh air bersih. Biasanya mereka membawa wadah tertentuDan menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Dikutip dari kepala badan penanggulangan bencana daerah atau BPBD di Kabupaten Jepara, yaitu Awin Noor Isdianto, beliau mengatakan bahwa daerah Karimunjawa memang mengalami kekeringan dan sangat rawan untuk musim musim kemarau. Pihak badan penanggulangan bencana daerah sudah melakukan beberapa pengajuan untuk membuat sumur sumur ke BNPB. Namun hingga saat ini pengajuan tersebut belum direalisasikan oleh pihak BNPB.

Hingga saat ini, sementara memang warga warga harus melakukan perjalanan yang cukup jauh ke arah pegunungan yang masih memiliki sumber air bersih. Karena belum adanya solusi yang diberikan oleh pemerintah dan beberapa solusi yang diajukan belum direalisasikan oleh pemerintah, hal ini harus terus dilakukan oleh masyarakat Karimunjawa untuk menunjang kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari. Mereka berbondong-bondong menuju ke arah pegunungan walaupun jarak yang ditempuh terbilang jauh demi mendapatkan air bersih.

Akan jauh lebih bijaksana jika pemerintah lebih cepat memproses pengajuan pengajuan dan juga memberikan penanggulangan bagaimana mengatasi masalah kemarau yang dihadapi oleh Karimunjawa. Jika terus membiarkan para warga mengambil air dari wilayah pegunungan, maka hal ini akan membuat air di pegunungan menjadi menipis.

Selain itu hal ini juga berkaitan dengan kondisi warga yang akan semakin kesulitan jika harus setiap hari selama musim kekeringan pergi ke gunung untuk mendapatkan air. Seperti yang sudah disarankan oleh BPBD, pembuatan Sumur bor bisa dijadikan salah satu alternatif terbaik saat ini untuk mengatasi masalah kekeringan dan mempermudah masyarakat dalam mengakses air bersih saat musim kemarau datang.

Tags: ,