Berita Harian Tentang Air Bersih Berita Air Bersih Faktor-faktor Penyebab Berkurangnya Air Bersih di Tanah Air

Faktor-faktor Penyebab Berkurangnya Air Bersih di Tanah Air



Seperti yang banyak diketahui sebelumnya bahwa negara-negara yang masuk dalam kawasan tropis identik dengan suatu kawasan yang memiliki iklim bagus dan tentu saja segala sumber daya alamnyaberlimpah, termasuk ketersediaan air yang bersih di dalamnya.

Sayangnya, walaupun tidak semua mengalaminya, namun banyak daerah di Indonesia yang justru memiliki masalah dengan air bersih, terutama yang ada daerah perkotaan. Keadaan semakin menjadi parah ketika musim kemarau tiba, selain air bersih sangat minim, ketersediaannya pun juga terbatas karena sumber-sumber airnya mengering.

Dan tentunya dengan keadaan yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan dapat dikatakan sebagai bencana alam nasional tahunan tersebut menjadi hal yang cukup mengherankan, terlebih lagi Indonesia adalah negara yang berada di daerah tropis dan dilintasi garis khatulistiwa.

Lantas apa yang menjadikan banyak masyarakat Indonesia harus kekurangan air bersih, terutama ketika musim kemarau tiba? Berikut penjelasan singkatnya.

Lihat juga : TERNYATA MASALAH KETERBATASAN AIR BERSIH TIDAK SELALU BERAKHIR BURUK, ADA SISI BAIKNYA JUGA

Penjelasan singkat faktor penyebab berkurangnya air bersih di tanah air ini

Faktor polusi

Tidak dapat dipungkiri, khususnya di banyak daerah di perkotaan atau beberapa daerah di desa yang terdapat pabrik-pabrik besar. Walaupun sekarang ini ada banyak sekali perusahaan yang sudah menerapkan penanggulangan limbah sekaligus mengolahnya kembali sebelum digunakan atau dibuang, namun tidak sedikit pula yang mengabaikan masalah tersebut.

Dengan mengabaikan masalah yang dapat ditimbulkan akibat limbah cair yang dapat membuat air tanah atau juga air sungai menjadi kotor, maka secara otomatis ketersediaan air bersih menjadi berkurang karena mayoritas sudah tercemar oleh limbah beracun dan tidak layak lagi dikonsumsi, baik hanya sekadar untuk mandi atau keperluan sehari-hari lainnya.

Faktor kesadaran masyarakat

Selain dikarenakan limbah yang dibuang oleh pabrik-pabrik besar ke tanah atau ke sungai, kurangnya ketersediaan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia adalah karena kurangnya kesadaran masyarakat itu sendiri akan kebersihan lingkungan.

Banyak bukti di beberapa daerah di Indonesia, terutama di perkotaan yang padat penduduknya, tumpukan sampah menjadi satu hal yang sangat lazim terlihat di sudut-sudut kota. Bahkan membuang sampah ke sungai juga merupakan habit yang sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu. Alih-alih ada yang mengingatkan, justru banyak yang melakukannya tanpa peduli bahwa sampah-sampah yang dibuang ke sungai tersebut dapat menumpuk dan menyebabkan air sungai menjadi tercemar.

Faktor alam

Dipercaya atau tidak bahwa alam juga memiliki kontribusi terhadap ketersediaan air bersih di Tanah Air atua di manapun juga. Dikatakan begitu karena dengan semakin panasnya suhu dan sangat sedikitnya potensi hujan turun, maka persediaan air dalam tanah akan banyak mengering. Adapun air tanah yang tersisa berada jauh di dalam. Keadaan akan semakin parah ketika ada bencana alam lain, seperti badai tahunan yang membawa udara panas ke daratan juga dapat membuat banyak tempat yang semula memiliki kandungan air menjadi mengering.

Faktor global warming

Secara umum, global warming ini muncul disebabkan oleh manusia sendiri. Global warming atau pemanasan global membuat suhu udara meningkat dan menjadi panas, disertai dengan perubahan iklim yang tidak menentu. Penyebab dari global warming ini adalah dikarenakan banyaknya kandungan dan juga polutan berbahaya yang naik permukaan dan mencemari udara.

Dengan begitu, maka selain udara dan iklim sekitar menjadi terpengaruh, otomatis ozon yang melindungi bumi juga terkena imbasnya. Dan hasilnya adalah musim menjadi tidak menentu, suhu menjadi sangat panas serta mengeringnya banyak tempat yang memiliki kandungan air di daratan.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *