Berita Harian Tentang Air Bersih Berita Gempa Mengguncang Palu, Para Korban Kesulitan Akses Air Bersih

Gempa Mengguncang Palu, Para Korban Kesulitan Akses Air Bersih



Beberapa waktu lalu, wilayah Sulawesi tengah diguncang gempa yang cukup besar. Gempa ini memberikan efek Yang membuat para warga kesulitan. Gempa ini juga menimbulkan tsunami yang melanda kota Palu. Akibat gempa dan tsunami tersebut, jaringan PIPA PIPA air bersih di wilayah Palo banyak yang terputus dan juga bocor. Hal ini menyebabkan warga kota Palu kesulitan mendapatkan akses air bersih setelah gempa besar tersebut terjadi. Banyak warga yang hanya bisa mendapatkan air bersih dengan menampung dari hasil kebocoran pipa.

Warga memang mengatakan tidak ada hal yang banyak diharapkan ketika kondisi dalam keadaan Pasca bencana seperti ini. Banyak warga yang terpaksa membawa wadah wadah untuk menampung air bersih dari hasil ceceran air akibat kebocoran PIPA yang terjadi. Warga juga harus berhemat air karena tidak mengetahui akan sampai kapan kondisi tersebut mereka alami.

Dalam beberapa titik Jaringan, air Tumpah dan air yang bocor telah memenangi selokan selokan. Hingga saat ini belum ada upaya upaya perbaikan karena kondisi yang masih belum kondusif. Warga terpaksa harus bersabar lebih lama sampai perbaikan dilakukan dengan memanfaatkan tetesan tetesan air dan menampung air yang ada untuk menunjang kebutuhan mereka sehari-hari pasca gempa dan tsunami melanda kota Palu tersebut.

Melalui taylor bicara dengan salah satu stasiun tv swasta, dikutip dari kepala pusat data informasi dan humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan bahwa air bersih saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendesak di wilayah Palu setelah gempa terjadi. Warga membutuhkan air bersih kaitannya untuk kebutuhan sehari-hari misalnya seperti minum, mencuci, mandi, ataupun berbagai aktivitas harian lainnya. Hal ini perlu diperhatikan secara khusus oleh pemerintah mengingat warga Palu kini telah mengalami kondisi darurat bencana. Air yang tersedia di wilayah kota Palu saat ini tidak dapat dikonsumsi dengan layak karena air tersebut telah berubah warna menjadi keruh dan juga mengering.

Perbaikan secara maksimal sangat dibutuhkan oleh warga kota Palu saat ini, khususnya untuk akses air bersih. Air tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Hampir seluruh aktivitas manusia membutuhkan air sebagai tunjangannya. Jika keadaan yang dialami seperti saat ini, maka akan sangat sulit bagi warga kota Palu untuk dapat memenuhi kebutuhan nya dan melanjutkan aktivitasnya karena terkendala kebutuhan akses air bersih yang sampai saat ini belum mereka dapatkan.

Selain itu, warga kota Palu juga membutuhkan bantuan bantuan lain seperti pak Kayan, bahan makanan, minuman minuman, dan juga finansial untuk menunjang kehidupan mereka sehari-hari. Seperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu kota Palu dan juga kota Donggala diguncang gempa yang cukup besar dan menimbulkan tsunami di kedua daerah tersebut. Tsunami yang besar terjadi di wilayah Palu dan menyebabkan banyak kerusakan fasilitas fasilitas publik dan kebocoran pipa air pada wilayah tersebut.

Tags: , ,