Berita Harian Tentang Air Bersih Berita Air Bersih Kesadaran Masyarakat Indonesia Akan Kebersihan Cukup Memprihatinkan

Kesadaran Masyarakat Indonesia Akan Kebersihan Cukup Memprihatinkan



Walaupun banyak juga terjadi di berbagai negara terkait dengan kebersihan, namun Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang masyarakatnya lebih banyak abai dan acuh terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya, terutama pada daerah yang dilewati air, seperti sungai.

Dapat diambil contoh kecil saja, masih ada banyak sungai-sungai yang kotor tercemar oleh sampah dan juga limbah buangan dari pabrik sekitarnya. Dengan kekurangpedulian masyarakat, terutama di daerah perkotaan akan kebersihan lingkungannya sendiri, menjadikan banyak masalah menyertai.

Bahkan berdasarkan informasi yang diunggah oleh situs lokal, Neraca.co.id, pada bulan April 2018 kemarin menyebutkan bahwa ada data riset yang berasal dari Kementerian Kesehatan, dari total 262 juta orang di Tanah Air, hanya 52 juta orang saja yang mempunyai rasa peduli terhadap kebersihan sekitarnya.

52 juta orang tersebut mengerti alasan kenapa memang harus menjaga kebersihan, terutama pada daerah seperti sungai atau juga sumber-sumber air bersih lainnya, yaitu yang tak lain dan tak bukan karena faktor kesehatan.

Jika sumber mata air alami atau juga sungai-sungai menjadi keruh, kotor dan bahkan berbau, maka secara otomatis tidak perlu melakukan pengujian melalui laboratorium, air yang terkandung di dalamnya sangatlah berbahaya untuk dikonsumsi. Pasalnya, akan ada banyak bakteri sampai dengan virus-virus penyakit yang berasal dari timbunan sampah.

Tidak hanya itu saja, jika sungai atau daerah yang biasa menampung air menjadi kotor dan penuh sampah atau limbah, maka secara otomatis akan menjadi sarang hewan-hewan yang dapat menyebarkan penyakit.

Selain itu, masalah lain yang tak kalah menakutkannya adalah dengan kotornya sumber-sumber air alami dan juga tercemarnya sungai, maka kualitas air bersih untuk dapat dikonsumsi setiap hari akan menurun secara drastis. Terlebih lagi di daerah perkotaan tidak banyak memiliki daerah yang dapat mengalirkan air jernih, murni dan bersih seperti di daerah pedesaan.

Namun uniknya, walaupun banyak orang yang sudah mengetahui bahwa membuang sampah ke daerah yang memiliki air tersebut tidak hanya dapat membuat kerugian pada diri sendiri atau orang sekitarnya, akan tetapi masih sangat sering kali ditemui ada orang yang dengan seenaknya melakukan hal tersebut karena sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Ditambah lagi, kurang pedulinya orang sekitar untuk dapat menegur dan melarang orang yang bersangkutan melakukan hal tersebut karena merasa bukan urusannya atau tidak ingin mencampuri urusan orang lain

Menjadi satu hal yang cukup miris melihat minimnya kesadaran masyarakat terhadap pemeliharaan dan penjagaan kebersihan daerah sungai dan sekitarnya. Apalagi, sejak dari kecil rata-rata sudah diajarkan dan ditanamkan seberapa penting kebersihan itu akan menunjang kehidupan manusia. Terlebih lagi, air adalah salah satu unsur vital yang sangat dibutuhkan manusia. Jika tercemar, kotor atau juga menjadi terbatas, maka akan sangat berbahaya.

Memang bukan satu hal yang cukup mudah untuk dapat mengajak atau bahkan mengajarkan setiap orang di satu daerah untuk dapat ikut bersama-sama menjaga kebersihan, terutama di daerah yang menjadi sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, namun bukan berarti hal tersebut benar-benar tidak dapat dilakukan.

Jika semua orang saling mengerti dan dapat menjaga kebersihan secara terus menerus, maka selain ketersediaan air bersih untuk diri sendiri dan sekitarnya saja yang bakal tercukupi, namun juga pasokan untuk generasi ke depan juga akan tetap tersedia. Oleh karenanya, marilah dimulai dari diri sendiri menjaga kebersihan lingkungan, terutama di daerah penghasil air bersih.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *