Berita Harian Tentang Air Bersih Berita,Berita Air Bersih Desa Panikel, Desa Dengan Air Bersih Mahal Walaupunm Dikelilingi Sungai

Desa Panikel, Desa Dengan Air Bersih Mahal Walaupunm Dikelilingi Sungai


Desa Panikel, Desa Dengan Air Bersih Mahal Walaupunm Dikelilingi Sungai

Desa Panikel terletak di kawasan Kecamatan kampung laut, Cilacap, Jawa tengah. Desa ini berada di dataran rendah yang dahulunya tanah tersebut dipercaya adalah laguna segara Anakan yang mendangkal dengan sendirinya.Desa ini sudah dihuni kurang lebih 2000 kepala keluarga.

Asal-muasal daratan Nisa ini masih terlihat hingga saat ini. Rumah rumah warga tersebut banyak dikelilingi oleh kolam kolam yang merupakan bekas dari rawa, Kanal Kanal air, dan juga area Persawahan. Bisa dikatakan bahwa desa ini air yang dimiliki sangat melimpah sepanjang tahun nya. Walaupun demikian, kemarau panjang tetapi rasakan oleh warga yang berada di desa tersebut. Karena ketika musim kemarau tiba, air yang berada di sumur tidak bisa dikonsumsi dengan layak karena warnanya berubah menjadi kekuningan, memiliki rasa asin, Dan juga berbau busuk. Hal ini menyebabkan air bersih langka di daerah tersebut.

Warga warga di sana selalu bersiap untuk menghadapi cekaman musim yang akan datang. Mayoritas warga melakukan Tampungan air hujan untuk persiapan jika kemarau panjang terjadi. Air bersih tersebut ditampung di dalam tempat tempat penampungan air yang memiliki kapasitas hingga 2500 L tiap unitnya. Hampir setiap rumah memiliki tampungan tersebut. Ada pula bantuan dari pemerintah pemerintah agar setiap warga memiliki penampungan dan tidak kekurangan air ketika musim kemarau.

Walaupun demikian, banyak juga warga yang sering kehabisan persedian air bersih pada penampungan miliknya. Warga terpaksa berjalan sekitar tujuh hingga 8 km untuk menemukan sumur ataupun sumber air terdekat dan menimba nya untuk memenuhi kebutuhan air. Padahal tidak seluruh warga dapat mengakses dengan mudah karena hanya sebagai warga saja yang memiliki kendaraan bermotor. Warga yang kesulitan untuk mengakses air bersih yang jauh, kemudian hanya pasrah dan menggunakan air yang sebenarnya tidak layak konsumsi untuk mencuci, masak,dan juga mandi.

Air sumur yang dimiliki warga tersebut sebenarnya sangat tidak layak untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya untuk mandi, badan akan langsung gatal gatal jika air yang digunakan adalah air sumur. Untuk warga warga yang mampu, biasanya mereka akan membeli air bersih yang dijual dengan cara keliling. Namun penjual tersebut juga jarang melintas. Jika ada, harga yang ditawarkan juga terbilang mahal yaitu sekitar 5000 Rupiah tiap Jerigen Yang memiliki kapasitas 30 L. Banyak penjual yang memilih untuk tidak mendatangi desa tersebut karena akses jalannya cukup jauh dan juga buruk.

Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya warga tetap menggunakan air sumur yang kotor untuk mandi, sementara air yang dibeli digunakan untuk membilas. Maka dari itu, pemerintah diharapkan segera melakukan pengiriman bantuan, khususnya air bersih untuk warga warga yang berada disekitar desa tersebut. Bantuan air bersih ini dia kini akan mampu memberikan keringanan pada beban warga untuk sementara waktu. Warga juga mengatakan sebelumnya ada beberapa bantuan yang diterima dari pemerintah dan beberapa lembaga lainnya. Namun kini bantuan bantuan tersebut sudah jarang diberikan kepada warga disekitar desa tersebut.

Tags: ,